Berita

Apakah Bunga “abadi” ini benar benar abadi?

Bunga Edelweis yang sering disebut  Bunga Abadi dengan nama ilmiah Anaphalis Javanica, dibeberapa daerah bunga ini juga biasa disebut dengan bunga senduro. Edelweis merupakan tumbuhan endemik yang tumbuh di ketinggian pegunungan Indonesia.

Bunga Edelweis Jawa (Anaphalis Javanica) mampu mencapai umur ratusan tahun. Oleh karena itu tumbuhan ini disebut dengan bunga abadi karena bisa mencapai umur yang sangat lama itu. Bunga edelweiss juga memiliki sifat tahan lama dalam keadaan yang kering, jadi meski sudah dipetik bunga edelweiss seakan akan masih hidup. Selain itu Edelweis memiliki kandungan hormone etilen yang berfungsi agar bunganya tidak bisa gugur.

Bagaimana sobat sudah mulai paham kenapa bunga edelweiss disebut sebagai bunga abadi? Jadi Jitu team simpulkan yah bahwa bunga edelweiss bukanlah bunga yang benar-benar abadi. Sebutan abadi pada bunga ini hanya gambaran bahwa bunga ini mampu bertahahidup selama ratusan tahun lamanya.

Tumbuhan satu ini juga termasuk langka jadi Sobat harus jaga kelestariannya di alam. Nah, ada juga sanksi untuk yang usil memetik bunga edelweiss di alam liar, sanksi yang diberikan tidak tanggung tanggung bisa terkena denda 100 juta dan terkena pidana penjara 5 tahun. Hal ini tercantum dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 pasal 33 ayat (1) dan (2) tentang Konservasi Sumber Daya Hayati Ekosistem. Selain itu, larangan memetik bunga Edelweis tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi.

Namun Sobat Jitu tidak perlu khawatir sekarang bunga Edelweiss sudah bisa Sobat beli di taman Edelweiss S yang terletak di daerah pasuruan Jawa Timur. Desa ini dikenal sebagai desa wisata Edelweis dan juga tempat untuk membeli Edelweis secara resmi dan membawa pulang untuk jadi hiasan rumah.

Baca selengkapnya

Berita Terkait

Kategori

Berita Terbaru

Panduan Lengkap Menyusun Berita Acara Jual Beli Tanah

05 September 2024

Ruko The Pavilion Cilangkap Jadikan Pilihan Tepat untuk Tempat Usaha

05 September 2024

Konsep Rumah Industrial: Gaya Arsitektur yang Unik dan Fungsional

05 September 2024

Cara Beli Rumah Lelang BTN 2024 Terbaru

05 September 2024

Beli Rumah Sekarang, Gratis PPN 100 Persen hingga Desember 2024

05 September 2024