first-page
  • Nico Sava Antolin
  • 18 Juli 2024
  • 129

Keunggulan serta Penggunaan PVC dan uPVC

PVC (Polyvinyl Chloride) 

PVC adalah jenis plastik yang sangat umum digunakan dalam berbagai aplikasi seperti pipa, kabel listrik, dan lantai vinyl. Bahan ini terkenal karena fleksibilitas dan kekuatannya, namun seringkali memerlukan penambahan bahan kimia untuk meningkatkan kinerjanya.

PVC juga dapat mengalami degradasi di bawah sinar matahari langsung, sehingga memerlukan perawatan tambahan seperti pelapisan UV untuk memperpanjang masa pakainya.

uPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride)

uPVC adalah bentuk PVC yang tidak mengandung plasticizer, sehingga lebih kaku dan kuat dibandingkan dengan PVC biasa. Karena tidak menggunakan plasticizer, uPVC lebih tahan terhadap pengaruh kimia dan lebih ramah lingkungan.

uPVC sering digunakan dalam pembuatan jendela, pintu, dan pipa air karena daya tahan dan sifat isolasinya yang baik. Berikut perbedaan PVC dan uPVC :

Iklan
Iklan

Dijual Unit LRT City Cibubur lantai 25 No. Unit 7 Tipe Studio

Jl. Kesuma Puri Raya , Depok, Jawa Barat

IDR 507 jt

Dijual Unit LRT City Cibubur lantai 25 No Unit 7 Tipe Studio Apartment Nempel Stasiun LRT Cibubur Cukup Booking 5jt Cicilan 2jt an...

Bisa Nego Dijual

Komposisi dan Proses Produksi

PVC: Mengandung plastik dan berbagai aditif yang membuatnya lebih fleksibel. Proses produksinya melibatkan penggunaan plasticizer, yang memberikan sifat lentur dan elastis.

uPVC: Tidak mengandung plasticizer sehingga lebih kaku dan keras. Ini membuatnya lebih tahan terhadap deformasi dan lebih kuat dibandingkan PVC?.

Penggunaan

PVC: Karena sifatnya yang fleksibel, PVC sering digunakan untuk produk-produk seperti pipa saluran air, isolasi kabel, dan produk-produk yang memerlukan tingkat kelenturan tertentu.

uPVC: Digunakan untuk aplikasi yang memerlukan kekuatan dan ketahanan yang lebih tinggi, seperti bingkai jendela dan pintu, pipa air yang tahan tekanan tinggi, dan komponen bangunan lainnya?.

Berita Terkait

Iklan
Iklan

Harvest City Sakura Indica No. 11 Tipe Megame SI - 07

Perumahan Harvest City (Megame) No. 11

542 jt

Harverst City Sakura Indica Tipe Megame 27 60 1 Lantai Luas Bangunan 37 m Luas Tanah 72 m Dapur 1 Carport Taman Belakang Taman Dep...

Bisa Nego Dijual
Iklan
Iklan

Harvest City Sakura Indica No. 8 Tipe Megame SI - 07

Perumahan Harvest City (Megame) No. 8

542 jt

Perumahan Harvest City Megame No 8 Harverst City Sakura Indica Tipe Megame 27 60 1 Lantai Luas Bangunan 37 m Luas Tanah 72 m Dapur...

Bisa Nego Dijual
Iklan
Iklan

Harvest City Sakura Indica No. 10 Tipe Megame SI - 07

Perumahan Harvest City (Megame) No. 10

542 jt

Perumahan Harvest City Megame No 10 Harverst City Sakura Indica Tipe Megame 27 60 1 Lantai Luas Bangunan 37 m Luas Tanah 72 m Dapu...

Bisa Nego Dijual