first-page
  • Nico Sava Antolin
  • 26 Juli 2024

Tips Membuat Rumah Nyaman Saat Suhu Dingin

Memastikan rumah tetap nyaman meskipun suhu udara dingin bisa menjadi tantangan tersendiri. Ada beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk menjaga kehangatan dan kenyamanan di dalam rumah selama musim dingin.

1. Maksimalkan Insulasi Rumah

Insulasi yang baik adalah kunci utama untuk menjaga rumah tetap hangat. Pastikan dinding, atap, dan lantai memiliki lapisan insulasi yang cukup. Insulasi yang tepat tidak hanya menjaga panas tetap berada di dalam rumah tetapi juga membantu menghemat energi.

2. Manfaatkan Tirai Tebal

Menggunakan tirai tebal dapat membantu menjaga panas di dalam rumah. Tirai tebal berfungsi sebagai penghalang tambahan yang mencegah udara dingin masuk melalui jendela. Pastikan untuk menutup tirai saat malam hari dan membukanya saat siang hari untuk memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber panas alami.

3. Gunakan Karpet

Menambahkan karpet pada lantai dapat memberikan lapisan kehangatan ekstra. Karpet tidak hanya membuat lantai terasa lebih hangat saat diinjak, tetapi juga membantu mengurangi kehilangan panas melalui lantai.

Iklan
Iklan

Dijual Apartment Saffron Noble Sentul City Lantai 28 Unit 9 Suite B

Jl. MH. Thamrin No.63, Sentul City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

IDR 1,18 M

Dijual Apartment Saffron Noble Sentul City Lantai 28 No unit 9 Suite B Tower pertama draped 4 tower Saffron Residence di CENTERRA ...

Bisa Nego Dijual

4. Cek dan Perbaiki Kebocoran

Periksa rumah Anda untuk memastikan tidak ada celah atau kebocoran di sekitar jendela, pintu, dan dinding. Kebocoran kecil dapat menyebabkan udara dingin masuk dan panas keluar. Gunakan sealant atau bahan penutup lainnya untuk menutup celah-celah tersebut.

5. Atur Ulang Furnitur

Penataan furnitur juga berpengaruh pada kenyamanan rumah. Pindahkan furnitur menjauh dari jendela dan pintu yang memungkinkan udara dingin masuk. Letakkan furnitur di area yang lebih hangat untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman.

6. Gunakan Pemanas Ruangan Secara Efisien

Pemanas ruangan dapat menjadi solusi cepat untuk menghangatkan rumah. Namun, pastikan untuk menggunakannya secara efisien. Atur termostat pada suhu yang nyaman dan matikan pemanas saat tidak diperlukan untuk menghemat energi.

7. Manfaatkan Sumber Panas Alami

Sinar matahari adalah sumber panas alami yang bisa dimanfaatkan. Biarkan sinar matahari masuk ke dalam rumah dengan membuka tirai dan gorden saat siang hari. Sinar matahari tidak hanya memberikan kehangatan tetapi juga membantu mencerahkan ruangan.

Berita Terkait

Iklan
Iklan

Dijual Unit Apartment LRT City - Green Avenue. Tipe Studio A2. Bekasi

Jl. HM. Joyo Martono Exit Tol No.KM. 16, Jatimulya, Bekasi, Jawa Barat

IDR 675,17 jt

LRT City Green Avenue Tipe Studio A2 Green Avenue of LRT City merupakan apartemen yang peduli akan kesimbangan social life kamu Ka...

Bisa Nego Dijual
Iklan
Iklan

Dijual Unit LRT City - Green Avenue. Tipe Studio 1 BR-B. Bekasi

Jl. HM. Joyo Martono Exit Tol No.KM. 16, Jatimulya, Bekasi, Jawa Barat

IDR 662 jt

LRT City Green Avenue Tipe Studio 1 BR B Green Avenue of LRT City merupakan apartemen yang peduli akan kesimbangan social life kam...

Bisa Nego Dijual
Iklan
Iklan

Dijual Unit LRT City - Green Avenue. Tipe Studio 2 BR-A. Bekasi

Jl. HM. Joyo Martono Exit Tol No.KM. 16, Jatimulya, Bekasi, Jawa Barat

IDR 886,6 jt

LRT City Green Avenue Tipe Studio 2 BR A Green Avenue of LRT City merupakan apartemen yang peduli akan kesimbangan social life kam...

Bisa Nego Dijual